Penanganan Pertama Luka Bakar

0
140

Pertolongan Pertama Luka Bakar – Luka bakar memang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, tentunya termasuk di dalam rumah. Namun jika bukan anda yang mengalaminya, mungkin saja orang-orang terdekat anda. Penting bagi kita untuk memahami betul bagaimana cara menangani dan memberikan pertolongan pertama pada korban luka bakar.

Mengenali dahulu jenis-jenis luka bakar tentunya tidak kalah penting dengan memberikan pertolongan pertama pada luka bakar. Penanganan luka bakar juga harus disesuaikan dengan tingkat keparahan luka tersebut.

Wajib Tahu Pertolongan Pertama pada Luka Bakar untuk Selamatkan Nyawa - Alodokter

Jenis Luka Bakar

Luka bakar memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti sengatan listri, sinar matahari berlebih, bahan kimiawi, dan api atau kebakaran. Luka bakar juga mempunyai tingkatannya, tergantung dari level keparahannya dan dikategorikan sebagai berikut:

  • Luka Bakar Ringan
    Luka bakar berjenis ini biasa disebut dengan level 1 dan mempunyai area yang tidak luas yakni maksimal 8 centimeter. Luka ini biasanya hanya akan melukai kulit bagian luar dan tidak dianggap serius normalnya. Rasa sakit, kemerahan, dan bengkak biasanya menjadi gejala-gejala yang muncul pada luka bakar ringan.
  • Luka Bakar Sedang
    Ciri-ciri dari kulit pada luka bakar sedang adalah kulit yang melepus, kemerahan, dan rasa perih. Perawatan medis darurat sudah diperlukan untuk jenis luka ini apalagi kalau luka bakar berposisi di bagian-bagian penting seperti wajah, tangan, selangkangan, bokong, paha atau kaki. Tahap penyembuhan dari luka bakar jenis ini pun tidaklah sebentar dan biasanya melebihi dari 3 minggu.
  • Luka Bakar Berat
    Tingkatan luka bakar pada tingkat ketiga sudah sangat serius. Luka jenis ini biasanya merusak lapisan kulit dan lemak, dalam beberapa kasus bahkan merusak bagian otot dan tulang. Keracunan karbon monoksida, sesak napas, atau kulit terbakar hangus bisa dialami oleh korban yang mengalami luka bakar berat.

 

Cara Mengatasi

Luka Bakar Ringan

Jika dilakukan dengan cara yang benar, maka luka bakar ringan bisa anda tangani dan obati sendiri di rumah. Hal-hal ini perlu anda ketahui saat akan memberikan pertolongan pertama pada luka bakar ringan:

  • Dinginkan luka bakar untuk meredakan rasa perih dengan meletakan handuk yang sudah dibasahi air dingin diatas bagian yang terluka.
  • Jika ada luka yang melepuh maka jangan dipecahkan, hal ini dilakukan untuk menghindari infeksi.
  • Jika luka yang lepuh pecah dengan sendiri maka segera cuci luka dengan air bersih mengalir.
  • Obat pereda rasa sakit seperti paracetamol boleh dikonsumsi oleh penderita jika ada rasa sakit yang tidak tertahankan.

Luka Bakar Sedang

Luka bakar sedang memiliki penanganan luka bakar di rumah yang sama dengan luka bakar ringan. Namun dalam kondisi tertentu luka bakar sedang harus dibawa ke dokter.

  • Pakai handuk dingin untuk mendinginkan area yang luka selama kurang lebih 15 menit.
  • Jika kondisi luka lepuh cukup besar, maka kami sarankan anda untuk segera pergi menemui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Antibiotik dan antinyeri mungkin adalah obat yang akan diberikan dokter untuk anda sementara waktu.

Luka Bakar Berat

Larikan pasien ke UGD atau hubungi ambulans dari rumah sakit terdekat sebagai bentuk langkah pertolongan pertama pada pasien luka bakar berat. Anda dapat melakukan pertolongan-pertolongan ini sambil menunggu datangnya ambulans:

  • Bawa korban menjauh dari sumber kebakaran.
  • Pantau napas korban dan pastikan pernapasannya lancar.
  • Beri bantuan pernapasan jika memang diperlukan.
  • Hindari memberi air dingin para daerah luka yang terbakar luas untuk menghindari hipotermia.
  • Gunakan kain bersih atau plester yang lembut untuk menutup luka bakar.
  • Jangan mengoleskan atau menempel hal-hal seperti es, mentega, obat, atau salep apapun pada bagian area yang terbakar karena bisa membahayakan jaringan kulit yang terbakar.
  • Angkat kaki pasien setidaknya 40cm dengan kondisi pasien berbaring dibawah.
  • Selimuti tubuh pasien dengan selimut atau mantel.

Memahami pertolongan pertama tentang luka bakar memang sangat penting. Namun anda juga wajib melakukan pencegahan seperti menyimpan tabung pemadam kebakaran di dalam rumah.

Sekian informasi dari kami pihak BicaraHerbal, Semoga informasi-informasi yang kami berikan bisa bermanfaat,

Terima Kasih.

Sumber: Obat Kista Alami Dari Tumbuhan LING SHEN YAO

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here