Penyebab Kista Serviks

0
102

Jenis kista yang terletak pada bagian depan serviks atau leher rahim adalah kista nabothi. Wanita yang berusia diatas 50 tahun biasanya merupakan target dari kista jenis ini. Memang betul bahwa kista serivks sendiri tidak berbahaya. Namun tentunya kista perlu mengetahui beberapa Penyebab Kista Serviks. Simak beritanya dibawah ini:

Penyebab Kista Serviks

Kista berjeniskan ini bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada bagian kelenjar-kelenjar yang memproduksi lendir pada bagian serviks. Beberapa sel yang terdapat pada lapisan serviks sendiri menjadi penyebab utamanya karena ada penumpukan lendir yang bisa saja menyebabkan pembentukan kista pada serviks, seringkali kondisi ini terlihat seperti benjolan berwarna putih dengan ukuran yang kecil. Trauma atau persalinan pada sebagian kondisi bisa saja menyebabkan terjadinya kista nabothi. Pasalnya, ada jaringan yang berada di sekitar area tersebut yang terproduksi secara berlebih saat sedang proses persalinan, hal ini nantinya akan menyebabkan penghambatan aliran lendir sehingga kista bisa terbentuk.

Cedera fisik dan trauma yang terjadi pada serviks juga akan menyebabkan jaringan tadi terproduksi dengan berlebih yang mbisa menghambat aliran lendir dari kelenjar yang nantinya akan menjadi kista. Kondisi ini lebih sering terjadi pada saat masa-masa penyembuhan servisitis kronis dimana terjadinya peradangan pada bagian jaringan serviks.

Gejala Kista Serviks

Kista nabothi sendiri bisa saja memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari yang memiliki diameter hanya beberapa militmeter hingga beberapa sentimeter dalam jenis diameter. Permukaan yang halus juga biasanya dimiliki oleh kista jenis ini dengan warna-warna seperti kuning atau putih. Nyeri tidak akan terjadi karena kondisi ini atau gejala lain seperti tidak nyaman dan gejala lain.

Pencegahan Kista Serviks

Pencegahan yang sudah terbukti efektif dalam sepenuhnya bisa mencegah terjadinya kista nabothi sendiri tidak ada. Hal ini hanya bisa dijaga dengan cara menjaga gaya hidup dan pola hidup yang sehat.

Selesai sudah informasi yang kami bagikan dari kami pihak Dokter Sehat, Semoga dapat bermanfaat,

Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here