Jari Tangan Sakit dan Kaku

0
16
jari tangan sakit dan kaku

Jari Tangan Sakit dan Kaku – Salah satu kondisi yang menyebabkan jari tangan seseorang terasa kaku dalam suatu posisi disebut dengan trigger finger. Kondisi ini sendiri mempengaruhi lapisan jaringan pada sekitar jari tangan yang disebut dengan nama tendon. Jaringan serat tebal yang tentu memiliki hubungan dengan otot dan kerangka dangan adalah tendon itu sendiri. Akhirnya tendon yang mengalami radang membuatnya tak bisa bergerak secara bebas dan luas sehingga jari akan terkunci dalam posisi tertentu.

Jari Tangan Sakit dan Kaku

Trigger finger sendiri bisa dialami oleh semua orang dari berbagai jenis usia namun pada umumnya terjadi pada orang-orang yang berumur diatas 45 tahun dan lebih banyak terjadi pada wanita jika dibandingkan dengan pria.

Gejala

Jari tangan yang sering terjebak dalam suatu posisi tetap, terkunci, atau bahkan terperangkap saat sedang melakukan peregangan atau melipat. Untuk mengubah posisi ini, penderitanya membutuhkan bantuan dari seseorang. Saat bergerak dan juga terjadi pembengkakan, rasa sakit pada tendon bisa muncul dan akan lebih parah. Seringkali, orang dewasa merasakan pada bagian jari tengahnya dan anak-anak dibagian jempol. Gejala lainnya sendiri mungkin masih ada yang belum tercantum diatas.

Penyebab

Saat lapisan tendon jari tangan seseorang mengalami radang dan iritasi adalah saat dimana kondisi trigger finger bisa muncul. Suatu pita atau tendon yang menghubungkan otot dan tulag seseorang ini dikelilingi oleh lapisan pelindung. Lapisanpelindung ini sendirilah yang memiliki pengaruh dalam proses pergerakan normal. Jaringan tendon dan lapisan yang menebal akan menyebabkan fibrosis yang membuat pergerakan sulit terjadi atau kaku.

Faktor Risiko

  • Gerakan tangan yang sama berulang kali bisa saja menyebabkan terjadinya tendon mengingat seringkali seseorang melakukan hobi atau perkerjaan dengan gerakan yang sama dalam waktu lama.
  • Penyakit-penyakit seperti rematik dan juga diabetes.

Anda bukan berarti terbebas dari penyakit ini meskipun tidak memiliki faktor risiko apapun. Konsultasikan dengan dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat jika anda mengalami beberapa gejala diatas.

 

Selesai sudah informasi yang kami bagikan dari kami pihak BicaraHerbal, Semoga dapat bermanfaat,

Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here