Gejala Kista Coklat

0
17

Salah satu jenis kista non-kanker yang terbentuk dalam ovarium adalah kista coklat. Kista jenis ini dinamakan karena penampilannya yang berwarna coklat seperti tar atau coklat leleh. Nama yang dikenal dari kista jenis ini sendiri adalah endometrioma ovarium. Darah menstruasi lama serta jaringan yang telah mengisi rongga kista menjadi alasan kenapa adanya warna coklat yang terjadi. Kami kali ini akan membahas lengkap tentang Gejala Kista Coklat, Simak beritanya dibawah ini:

Gejala Kista Cokelat

Beberapa gejala sendiri bisa terjadi karena kista coklat pada wanita. Banyak juga wanita yang tidak mengalami gejala sama sekali karena ukuran kista yang tidak besar. Hal ini bisa terjadi karena ukuran kista juga menjadi faktor dari tingkat keparahan gejalanya. Seseorang wanita yang mengalami kista berukuran kecil bisa saja mengalami gejala dan orang dengan kista besar mengalami yang lebih tergantung bagaimana tingkat keparahan ukurannya.

Dibawah ini juga merupakan beberapa gejala kista coklat yang bisa anda ketahui:

  • Kram saat menstruasi yang disertai dengan rasa nyeri sakit.
  • Sakit panggul yang tidak memiliki hubungan dengan siklus menstruasi.
  • Haid yang tidak teratur jadwalnya.
  • Rasa sakit terasa ketika sedang berhubungan seks.
  • Sebagian wanita akan mengalami tingkat infertilitas tinggi.

Penyebab Kista Cokelat

Banyak perdebatan yang terjadi tentang bagaimana dan kenapa kista coklat bisa terbentuk. Salah satu teori dari perdebatan tersebut mengatakan bahwa kista coklat bisa terjadi karena akibat dari endometriosis yakni menstruasi retrograde. Kadar hormon estrogen dan progesteron wanita setiap bulannya merespons pada fluktuasi sehingga menyebabkan tumbuhnya lapisan rahim yang kemudian akan luruh ketika wanita mulai reproduksi.

Namun, dalam kasus wanita yang mengalami kista coklat, lapisan ini akan menempel dalam ovarium dan tidak meluruh sehingga bisa menyebabkan perkembangan terjadi dalam ovarium dan membentuk kista. Lapisan ini memiliki sifat tindakan seperti selaput rahum yang tumbuh dan kemudian ditumpahkan sebagai respons dalam naik turunnya hormon wanita setiap bulannya.

Selesai sudah informasi yang kami bagikan dari kami pihak BicaraHerbal, Semoga dapat bermanfaat,

Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here