Cara Diagnosis Asam Urat

0
73

Pada artikel kali ini kami pihak BicaraHerbal akan membahas tentang ‘Cara Untuk Diagnosis Asam Urat‘. Penyakit asam urat dapat di diagnosis secara tepat oleh dokter. Mungkin anda akan disarankan untuk mengambil beberapa tes kesehatan dahulu seperti:

  • Tes Cairan Sendi. Jarum kecil akan digunakan untuk pemeriksaan cairan sendiri. Setelah diambil cairan tersebut akan diperiksa mengenai kadar asam uratnya.
  •  Tes Darah. Kadar asam urat dan kreatinin diukur dalam tes ini.
  • X-ray. Menyingkirkan sebab peradangan dalam sendi dan memeriksa lebih dalam pada sendi.
  • CT-Scan Dual Energy. Dengan melakukan CT-Scan maka asam yang mengkristal akan terdeketsi.

Obat yang diresepkan oleh Dokter

minum obat saat olahraga

Kondisi karena asam lambung dapat bertambah dan menyebabkan komplikasi. Asam urat harus benar-benar diobati agar tingkat keparahannya tidak terjadi.

1. NSAID / Obat Anti-Radang Nonsteroid.

Obat-obat berjenis ini seperti ibuprofen, motrin IB, advil, dan lain-lain. Jenis seperti Naproxen sodium (Aleve). Serta resep dari obat NSAID ini lebih keluar seperti indomethcacin dan celecoxib.

Jika setiap kambuh penyakit ini bertambah parah, maka ada kemungkinan dosis nya pun akan bertambah. Tentu ada efek sampingnya dari mengkonsumsi obat ini yakni sakit perut dan pendarahan pada sistem pencernaan.

2. Colchicine

Colcrys dan Mitigare atau yang biasa disebut oleh dokter sebagai ‘ColChicine’ ini merupakan sejenis obat pereda nyeri yang efektif dalam hal mengurangi rasa nyeri. Tingkat keparahan gejala akan disesuaikan dengan dosis oleh dokter.

Obat ini memiliki efek samping seperti mual, muntah, dan diare. Colchicine dalam dosis rendah akan diresepkan oleh dokter untuk mencegah serangan terjadi lagi.

3. Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah obat asam urat yang akan digunakan bila obat asam urat seperti NSAID atau colchicine tidak mempan untuk meredakan gejala. Kadar gula darah dan tekanan darah akan meningkan dan membuat suasana hati berubah adalah efek samping dari obat asam urat ini.

4. Penghaland Uric Acid

Xanthine oxidase inhibitor atau XOIs atau obat yang bisa digunakan untuk menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Ada beberapa obat serupa seperti Allopurinol dan Febuxostat.

Resiko terjadinya asam urat bisa di kurangi dan juga mengurangi kadar asam urat setelah terjadi. Efek samping dari obat ini sendiri adalah ruam pada kulit, berkurangnya jumlah darah, mual, dan penurunan fungsi pada hati.

5. Obat Penghancur Asam Urat

Uricosurics, probenesid, dna lesinurad adalah jenis-jenis obat yang bisa menghancurkan asam urat. Kemampuan ginjal akan ditingkatkan untuk mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Ruam, sakit perut, dan risiko dari batu ginjal adalah efek samping dari obat ini.

 

Sekian informasi dari kami pihak BicaraHerbal, Semoga informasi-informasi yang kami berikan bisa bermanfaat,

Terima Kasih.

Baca juga:  Ling Shen Yao Obat Kista Alami dari Tumbuhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here