Apa itu Kista Ovarium ?

0
92

BicaraHerbal – Kantong yang berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium dinamakan kista ovarium. Wanita mempunyai ovarium, kiri dan kanan. Salah satu sistem reproduksi wanita memiliki ovarium yang berukukan sekitar biji kenari.

Dari masa pubertas hingga menopause organ ini berfungsi untuk menghasilkan hormon estrogen dan progesteron dan sel telur tiap bulan. Ovarium sering mengalami gangguan dan kista adalah salah satu jenis gangguannya.

alodokter-kista-ovarium

Ada dua jenis utama kista ovarium, yang satu adalah kita fungsional yang muncul sebagai bagian dari period menstruasi, tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya untuk jenis yang umum ini

Kita patologis adalah jenis kita yang yang kedua. Kista patalogis mengandung sel abnormal yang pada sebagian kasusnya, sel-sel abnormal tersebut bisa bersifat kanker.

Gejala Kista Ovarium

Kista ovarium pernah dimiliki oleh cukup banyak wanita. Pada umumnya tidak akan menyebabkan gejala dan bisa hilang dengan sendirinya hanya dalam hitungan bulan. Tetapi kista yang berukuran besar atau kista yang pecah bisa berisiko menimbulkan dampak yang serius sampai harus ditangani operasi medis.

Pendarahan yang lebih banyak pada saat menstruasi, sulit hamil, siklus menstruasi tak teratur, rasa sakit pada saat berhubungan seksual, sakit pada tulang panggul dan kesulitan untuk buang air besar dan kecil adalah beberapa gejala kita ovarium yang harus anda pahami dan waspadai.

Apabila gejala disebabkan oleh kista ovarium, segera pergilah ke dokter spesialis untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut seperti tes daarah, pemeriksaan organ intim atau USG.

Langkah Pengobatan untuk Mengatasi Kista

Kista umumnya akan hilang sendiri dalam beberapa bulan. Untuk memastikannya, Anda dapat menjalani pemeriksaan USG.

Inilah faktor-faktor yang akan menentukan apa kista perlu diangkat atau tidak :

  • Jika ada gejala yang terjadi, kami anjurkan untuk segera melakukan proses operasi pengangkatan kista.
  • Jika menurut dokter kista sudah berukukan besar dan mengandung sel abnormal, makan segeralah lakukan operasi.
  • Resiko lebih tinggi dimiliki wanita yang telah mengalami masa menopause

Jika yang menderita kista sudah memasuki masa menopause, maka kami menganjurkan segera jalani tes USG dan tes darah teratur agar mengetahui hilangnya kista.

 

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-kista-dan-miom-secara-alami/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here